Inilah Keanekaragaman Hayati Gunung Kerinci

Gunung kerinci merupakan sebuah gunung yang dikatakan sebagai gunung tertinggi yang ada di pulau Sumatera. Gunung ini terletak tepatnya di provinsi Jambi yang tepatnya berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat. Gunung kerinci memiliki nama lain bagi warga sekitarnya.

Ada yang menyebut gunung ini dengan nama Berapi Kurinci, Gunung Gadang, Puncak Indrapura, Korinci dan Kerinchi. Gunung ini juga termasuk sebagai gunung berapi tertinggi di Indonesia. Bahkan gunung ini merupakan gunung yang memiliki puncak tertinggi di Indonesia setelah Papua.

Simpang Tugu Macan sebagai pintu masuk Taman Nasional Kerinci dengan Latar Belakang Gunung Kerinci yang Indah
Simpang Tugu Macan sebagai pintu masuk Taman Nasional Kerinci dengan Latar Belakang Gunung Kerinci yang Indah

Uniknya lagi gunung ini dikelilingi oleh hutan Taman Nasional Kerinci yang sangat lebat yang merupakan habitat dai Badak Sumatera dan harimau Sumatra. Adapun gunung ini memiliki ketinggian 3,805 mdpl.

Indahnya Gunung Kerinci Jambi

Dari ketinggian inilah ara pendaki dapat melihat dan menikmati pemandangan kota jambi, Bengkulu dan Padang yang Indah dari kejauhan. Tidak hanya itu, dari puncak Gunung Kerinci ini Anda juga bisa menyaksikan luasnya samudera Hindia.

Gunung Kerinci ini memiliki sebuah kawah yang luasnya 400x 200 meter. Air pada kawah gunung kerinci memiliki warna yang hijau sehingga sangat indah. Tidak hanya itu pada sebelah timur terdapat sebuah danau yang diberi nama danau Bento yang merupakan sebuah rawa yang memiliki air jernih tertinggi yang ada di Pulau Sumatera.

Flora dan fauna di Gunung ini juga tak kalah lengkap, beberapa tumbuhan yang biasa tumbuh di dataran rendah juga dan di Gung Kerinci. Misalnya saja seperti pohon mahoni, bunga raksasa Raflesia Arnoldi, tumbuhan Suweg Raksasa Amrophophallus Titanium. So, Anda jangan kaget jika saat mendaki dan menemukan tumbuhan ini di perjalanan.

Tidak hanya tumbuhan itu saja, melainkan pohon cemara juga ada di kawasan Gunung ini kerinci. Sedangkan fauna juga banyak sekali yang ada di Gunung kerinci. Beberapa fauna yang tidak ada di taman Nasional Leuser juga ada seperti kuskus dan tapir.

Banyak pula binatang lain khas Sumatera seperti badak sumatera, gajah, beruang madu, harimau, presbytis melapophos dan monyet berekor anjang. Di Gunung Kerinci juga terdapat 140 jenis burung. So, betapa indahnya anugerah Tuhan yang diberikan salah satunya yaitu untuk alam Gunung yang bernama Kerinci ini. Marilah jaga dan lestarikan keanekaragaman hayati Gunung kerinci.

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20