Ngeri! Ternyata Ini Dampak Letusan Gunung Tambora Di Tahun 2085

Gunung Tambora merupakan sebuah gunung yang terletak di kepulauan Sunda kecil yang lebih tepatnya berada di pulau Sumbawa. Gunung ini memiliki ketinggian 2.850 m atau setara dengan 9.350 kaki. Gunung bernama Tambora ini terkenal karena pernah meletus dan letusan gunung ini bisa terasa sampai ke luar negeri.

Bahkan letusan gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815 yang merupakan letusan terdahsyat ini menimbulkan berbagai dampak di berbagai belahan dunia. Tentunya hal ini tidak diharapkan oleh masyarakan pulau Sumbawa.

Posisi Gunung Tambora
Posisi Gunung Tambora

Karena letusan Tambora tersebut maka mengakibatkan beberapa wilayah tidak mengalai musim panas sama sekali. Tidak hanya itu, meletusnya gunung Tambora saat itu juga mengakibatkan gagal panen dan menyebarnya penyakit dimana-mana hingga mencapai 100.000 jiwa mati di seluruh dunia.

Apalagi saat ini National center for Atmospheric Research (NCAR) memprediksi bahwa Gunung Tambora akan meletus lagi pada tahun 2085. Dalam prediksi tersebut menyebutkan bawa dampak dari letusan gunung ini akan lebih dahsyat dibandingkan dengan letusan ada tahun 1815 silam.

Peneliti menyebutkan bahwa kemampuan laut dalam mengatur proses pendinginan setelah terjadi letusan 2085 akan semakin berkurang. Hal ini disebabkan oleh suhu laut semakin bertambah meningkat. Hal ini berarti air dingin yang ada pada laut bersirkulasi ke arah yang lebih dalam.

Gunung Tambora terlihat dari Atas
Gunung Tambora terlihat dari Atas

Hal ini berakibat pada terjadinya pendinginan sebesar 40% lebih arah dan lebih lama dibandingkan dengan efek letusan Tambora pada tahun 1815 silam. Yang lebih parahnya hal ini akan terjadi hingga beberapa tahun berikutnya.

Hanya itu, ketika suhu permukaan laut dingin karena erupsi maka hal ini juga akan mencegah terjadinya penguapan. Dengan kata lain jika sudah begini maka manusia akan menghadapi musim kekeringan paling parah selama bertahun-tahun yang disebabkan oleh tidak turunnya hujan.

Betapa mengerikannya jika Gunung Tambora meletus berikutnya. Sebagai umat manusia harus waspada meskipun ini hanyalah sebuah penelitian. Namun tentunya penelitian ini berdasar dan dapat dijadikan acuan agar manusia bisa bersiap-siap untuk menghadapi letusan Gunung Super Tambora berikutnya. Wallahualam.

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20