Yuk Kunjungi 10 Taman Laut Indonesia Paling Indah Istimewa

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan tempat wisata, terutama wisata alam bawah laut. Ya, hal ini karena hampir 70% wilayah Indonesia berupa perairan atau laut. Dari Indonesia bagian barat hingga paling timur memiliki keindahan taman laut dengan keunikan dan ciri khas tersendiri. Taman laut Indonesia juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit baik bagi masyarakat local maupun macanegara. Seperti apa sih keindahan taman laut Indonesia hingga menjadi destinasi favorit? Yuk simak 10 taman laut paling indah di Indonesia berikut ini.

10 Taman Laut Indonesia Paling Indah. Menakjubkan

  1. Taman Laut Bunaken

Siapa sih yang belum tak kenal Taman Laut Bunaken? Taman laut yang satu ini berada di Pulau Sulawesi tepatnya di ujung utara Sulawesi.

Selain menyuguhkan pemandangan indah baik di pantai maupun di bawah laut, Bunaken juga memiliki berbagai jenis ikan langka yang bisa Anda lihat secara langsung dengan cara diving.

Keindahan Terumbu Karang di Taman Laut Indonesia di Bunaken
Keindahan Terumbu Karang di Taman Laut Bunaken

Ikan hiu, kuda laut, ikan pari, ikan duyung, moluska, dan spesies lainnya bisa Anda temukan di Bunaken.

Untuk melihat jenis ikan tersebut dan keindahan koral, Anda bisa menyelam di 20 titik dive spot. Seru sekali bukan? Diving adalah salah satu hal yang wajib Anda coba saat berkunjung di Bunaken.

  1. Taman Laut Banda

Memang Banda belum seterkenal Taman Laut Bunaken, namun keindahan alamnya tidak kalah mempesona.

Taman Laut yang berada di gugusan Pulau Neira, Maluku Tengah ini menjadi salah satu taman laut paling indah di dunia, tak hanya di Indonesia. Berbagai bentuk terumbu karang dan ratusan spesies ikan menghiasi bagian bawah laut Banda.

Dengan suasana yang masih asri dan alami, maka Taman Laut Banda dijuluki sebagai surga bawah laut Indonesia.

  1. Taman Laut Raja Ampat

Nah, yang satu ini dinobatkan sebagai taman laut paling besar di Indonesia karena memiliki luas 4 juta hektar. Area taman laut seluas itu diisi dengan ratusan spesies koral, 700 jenis moluska, dan 1000 lebih spesies ikan karang.

Sangat menakjubkan! Selain itu, di taman laut yang terletak di Papua ini, Anda bisa menemukan baraccuda, tuna, ikan pari, serta snapper.

Raja Ampat yang menjadi tujuan penikmat Taman Laut Indonesia
Raja Ampat yang menjadi tujuan penikmat Taman Laut Indonesia

Menariknya lagi, Raja Ampat menyuguhkan pemandangan berupa gugusan bukit kecil di beberapa titik laut. Karena itulah Taman Laut Raja Ampat menjadi spot diving terfavorit di Indonesia.

  1. Taman Laut Wakatobi

Taman laut paling indah di Indonesia yang selanjutnya berada di Sulawesi Tenggara, yakni Wakatobi.

Kawasan taman laut nasional Wakatobi ini terkenal hingga mancanegara, terkenal karena keindahannya, terkenal karena luasnya, dan terkenal karena kekayaan alam di bawah lautnya.

Penyelam menikmati keindahan Taman Laut Wakatobi Sulawesi Tenggara
Penyelam menikmati keindahan Taman Laut Wakatobi Sulawesi Tenggara

Dari 850 spesies koral di dunia, Wakatobi memiliki 750 diantaranya. Anda pun dapat melihat keindahan bawah laut dengan ratusan jenis koral dengan cara diving.

Luas 1,39 hektar membuat Anda bebas menikmati laut Wakatobi dari berbagai tingkat kedalaman.

  1. Taman Laut Takabonerate

Masih Pulau Sulawesi, Taman Laut Takabonerate ini juga terletak di Sulawesi Selatan, tepatnya 300 km dari Makassar. Takabonerate memiliki terumbu karang yang berbentuk seperti cincin, terumbu karang ini disebut atol.

Snorkeling dan diving di tempat ini bisa membuat Anda ketagihan. Bagaimana bisa? Ya, karena Takabonerate memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan, dengan ratusan spesies ikan, koral atau terumbu karang berada di dalamnya.

Indahnya Pulau Karang di Taman Laut Indonesia di Takabonerate
Indahnya Pulau Karang di Taman Laut Indonesia di Takabonerate

Bahkan ikan pari, baraccuda, dan ikan nudi bisa Anda jumpai hanya di kedalaman 1 meter.

  1. Taman Laut Rubiah

Taman laut terindah selanjutnya terletak di Aceh, tepatnya Kota Sabang, barat laut Pulau Weh. Air yang sangat jernih dan arus tenangnya membuat taman laut ini dikunjungi oleh para wisatawan local maupun mancanegara.

Nah bagi Anda yang tidak bisa diving, jangan khawatir, taman laut Rubiah menyediakan penyewaan kapal kaca sehingga Anda dapat menikmati keindahan bawah laut tanpa diving.

  1. Taman Laut Kepulauan Derawan

Taman laut yang berada di Kalimantan Timur ini memiliki 28 spot diving dan dinobatkan sebagai tempat diving bertaraf international.

Keanekaragaman hayati di dalamnya menjadikan Taman Laut Kepulauan Derawan menjadi favorit penyelam.

  1. Taman Laut Selat Pantar

Nusa Tenggara Timur memiliki taman laut paling indah di Indonesia yakni Selat Pantar. Para diver dari mancanegara pun selalu ketagihan menyelam di sini.

Karakteristik dari taman laut ini adalah gua-gua yang berada di bawah laut. Selain itu Selat Pantar memiliki Shark Close sebagai tempat berkumpulnya ikan hiu.

  1. Taman Laut Karimun Jawa

Kata siapa Pulau Jawa tidak memiliki taman laut ? Buktinya di Jepara, Jawa Tengah justru memiliki taman laut favorit yakni Karimun Jawa. Karang hitam dan kerang merah dapat ditemukan di taman laut terkenal ini.

  1. Pulau Komodo

Selain Pantai Pink, Pulau Komodo juga memiliki taman laut yang sama terkenalnya. Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang kaya akan spesies ikan juga terumbu karang.

Nah, itulah 10 taman laut Indonesia paling indah di Nusantara yang bisa Anda nikmati baik dengan snorkeling, diving, ataupun hanya menggunakan kapal. Terbukti bahwa Indonesia kaya akan tempat wisata yang mempesona.

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20