Alat Musik Angklung | Alat Musik Bambu Traditional Yang Mendunia

Pastinya Anda sudah tak asing lagi dengan alat musik angklung, musik traditional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik traditional ini terbuat dari bahan bambu yang cara memainkannya adalah digoyangkan.

Unik sekali bukan? Alat musik biasanya dimainkan dengan cara dipukul, dipetik, ditiup dan digesek, namun angklung hanya digoyangkan. Meski hanya digoyangkan, namun angklung menghasilkan nada yang enak didengar.

Alat musik Angklung traditional ini mulanya dibuat oleh orang-orang suku badui. Suku badui yang berada di pedalaman Jawa Barat ini menggunakan angklung untuk ritual penanaman padi. Sebelum memulai tanam padi, suku badui memainkan angklung secara massal.

Namun seiring berjalannya waktu, alat musik Angklung dimainkan oleh siapa saja dan dalam acara apa saja, khususnya sebagai pertunjukan.

Cara memainkan angklung memang dengan digoyangkan sehingga pipa bambu saling membentur, bergetar, dan mengeluarkan bunyi. Namun, ada beberapa teknik memainkan angklung sehingga membentuk berbagai nada dan menjadi sebuah irama.

Teknik Memainkan Alat Musik Angklung

Apa saja teknik permainan angklung ini? Yuk simak 3 teknik dasar permainan angklung berikut ini.

  1. Kulurung

Kulurung yang berarti getar adalah salah satu teknik dasar yang paling umum. Caranya sangat mudah yakni dengan tabung dasar dipegang oleh tangan kanan, kemudian digeser atau digoyang ke kanan kiri berkali-kali.

  1. Centok

Teknik centok atau  sentak digunakan saat Anda ingin menghasilkan bunyi sekali saja. caranya yakni dengan menarik tabung dasar dengan cepat. Hasil bunyi dari teknik ini sering disebut bunyi staccato.

  1. Tengkep

Teknik ini hampir mirip dengan teknik kulurung, yakni dengan menggeser bagian tabung dasar ke kanan kiri berkali-kali. Bedanya adalah salah satu tabung ditahan oleh jari sehingga tidak ikut bergetar dengan yang lain.

Setelah mengetahui teknik dasar permainan angklung, Anda pun harus mengetahui berbagai jenis angklung di Indonesia.

Meski berasal dari Jawa Barat, namun angklung ini berkembang di beberapa daerah, yang masing-masing daerahnya memiliki ciri khas permainan angklung sendiri.

Dibawah ini adalah cuplikan dari video oleh Channel Ivan Siswanto di Youtube

Setiap daerah pun memiliki nama-nama angklung yang berbeda.

Jenis Alat Musik Angklung di Indonesia

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa jenis angklung yang ada di nusantara:

  1. Angklung Kanekes

Angklung kanekes merupakan angklung yang pertama kali ada, yakni di suku badui. Tradisi yang dilakukan oleh suku badui adalah ritual sebelum tanam padi, dalam ritual tersebut masyarakat suku badui memainkan angklung.

Angklung Kanekes Sebagai Pengantar Menanam Padi
Angklung Kanekes Sebagai Pengantar Menanam Padi
  1. Angklung Reog

Angklung yang satu ini digunakan sebagai pengiring kesenian reog Ponorogo. Berbeda dengan angklung kanekes, angklung ini memiliki bentuk menarik berupa lengkungan rotan serta ditambah hiasan rumbai-rumbai yang biasanya berwarna kuning dan merah.

Angklung Reog yang dimainkan dalam kesenian Reog
Angklung Reog yang dimainkan dalam kesenian Reog
  1. Angklung Badeng

Angklung badeng bisa Anda temukan di Kabupaten Garut sebagai iringan music kesenian khas Garut. Kesenian ini menggunakan angklung sebagai alat music utama dan menekankan musikalisasi.

Angklung Badeng dari Garut
Angklung Badeng dari Garut
  1. Angklung Bali

Bali merupakan suatu pulau yang memiliki khas dan keunikan tersendiri. Begitu pula dengan alat music angklung ini, angklung Bali memiliki bentuk berbeda dengan angklung lainnya sehingga menghasilkan nada-nada khas daerah Bali.

  1. Angklung Banyuwangi

Selain Bali, Banyuwangi juga memiliki angklung dengan nada khas budaya Banyuwangi. Hal ini karena angklung daerah Banyuwangi berbentuk seperti calung.

Meski berbagai daerah memiliki nama angklung yang berbeda dan ciri khas yang berbeda, namun alat musik traditional ini tetap menjadi media hiburan. Selain itu, angklung menjadi musik pengiring beberapa kesenian asal Pulau Jawa.

Meski bahan pembuatannya sangat sederhana, namun alat  musik angklung ini bisa menjadi alat musik paling berpengaruh bagi Indonesia. Angklung juga dinobatkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO sejak tahun 2010.

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20