Dibalik Pertunjukan Menarik, Kesenian Traditional Reog Ponorogo Memiliki Makna Dan Cerita Yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu kesenian traditional Indonesia yang paling populer adalah Reog Ponorogo. Sebuah tari traditional yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur tak hanya sekedar tarian saja, namun memiliki makna dan nilai sejarah.

Apa makna tarian reog yang sekaligus menjadi asal usul tarian asal Ponorogo ini? Memang cerita tentang asal usul Reog Ponorogo terdiri atas beberapa versi, namun secara garis besar ceritanya hampir sama.

Reog menceritakan tentang Singobarong dan Kelana Sewandana yang memperebutkan Dewi Songgolangit. Dalam memperebutkan putri cantik dari Kerajaan Kediri ini mereka harus bisa menampilkan suatu pertunjukan menarik.

Nah, dalam pertunjukan itu Dewi Songgolangit ingin ada hewan berkepala dua dan kuda kembar sebanyak 140.

Kedua pria sakti ini bertarung dengan masing-masing senjatanya, yakni keris dan cambuk. Dalam pertarungan ini Kelana Sewandana menggunakan kesaktiannya dengan mencambuk Singobarong hingga Singobarong terlempar dan terkutuk menjadi hewan kepala dua.

Dengan begitu, Kelana Sewandana bisa menampilkan pertunjukan menarik dengan tokoh hewan berkepala dua dan 140 kuda kembar di hadapan Dewi Songgolangit dan masyarakat Kediri.

Akhirnya Dewi Songgolangit menerima lamaran Kelana Sewandana dan mereka menjadi sepasang kekasih. Sejak saat itu pula reog Ponorogo menjadi menjadi kesenian traditional yang terus dilestarikan oleh masyarakat Ponorogo dan sekitarnya.

Kini reog Ponorogo dipentaskan dalam acara tertentu, seperti acara penyambutan tamu, peringatan hari kemerdekaan, dan peringatan hari penting lainnya. Pementasan ini juga ta hanya di Indonesia saja, namun juga pementasan bergengsi di luar negeri.

Nah, dalam tarian reog ada beberapa tokoh penting yang harus ada pada setiap pertunjukannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut ini:

  1. Jathil

Jathil adalah sebutan untuk prajurit berkuda yang biasanya dimainkan oleh wanita. Tokoh Jathil ini ditarikan secara berpasangan karena menurut cerita jathil adalah salah satu syarat Dewi Songgolangit kepada Kelana Sewandana yakni kuda kembar.

Jathil Cantik dalam Reog Ponorogo
Jathil Cantik dalam Reog Ponorogo
  1. Warok Tokoh Reog Ponorogo

Tokoh Warok adalah tokoh yang ada di tari reog Ponorogo. Warok berarti orang yang memberi nasihat atau petunjuk bagi orang lain.

Ciri khas warok yakni orang berpakaian hitam, berjenggot tebal, dan berwajah merah. Meski terlihat seram, namun warok memiliki karakter positif.

Warok reog Ponorogo
Warok reog Ponorogo
  1. Dadak Merak

Tokoh yang paling dominan di tarian reog Ponorogo ini berupa barongan dengan bulu-bulu merak di atas kepalanya. Ukuran dan beratnya pun cukup besar, yakni 2 meter lebih dengan berat 30 kg hingga 50 kg.

Dadak Merak Reog Ponorogo
Dadak Merak Reog Ponorogo
  1. Kelana Sewandana

Tokoh yang disebut-sebut sebagai tokoh utama dalam pertunjukan reog ini menggambarkan orang kasmaran. Topeng dan kostum yang dipakainya menggambarkan seorang pria yang gagah perkasa serta sakti.

Dalam pertunjukan reog pun tokoh ini membawa pecut atau cambuk yang digunakan untuk melawan Singobarong.

Prabu Kelana Sewandhana yang di perebutkan oleh Para Jathil

  1. Ganongan

Ganongan menjadi tokoh yang paling ditunggu selain dadak merak. Tokoh yang umumnya diperankan oleh anak laki-laki ini menggambarkan seseorang yang lincah, lucu, dan pandai bela diri.

Yang paling menarik dalam pertunjukan reog adalah dadak merak, dimana tokoh ini diperankan oleh seorang laki-laki. Penari laki-laki tersebut mengangkat dadak merak dengan berat minimal 30 kg dengan cara digigit.

Ganongan reog Ponorogo

Memang terdengar mustahil, namun di sinilah letak keunikannya. Bahkan seringkali di atas kepala barongan ada seorang anak kecil yang duduk dan ikut serta dalam pertunjukan.

Pastinya selain mengenal asal usul reog Ponorogo dan mengenal tokoh–tokoh dalam pertunjukan reog, kita sebagai masyarakat Indonesia harus senantiasa melestarikan kesenian traditional ini. Jangan sampai pertunjukan reog punah dan tetap jadikan reog Ponorogo sebagai salah satu kekayaan Indonesia.

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20