Yuk Kenali Wayang Kulit Seni Traditional Indonesia Dengan Banyak Keistimewaan

Siapa yang tak kenal wayang kulit? Seni traditional yang berkembang di Pulau Jawa ini tak hanya dikenal oleh masyarakat local Indonesia namun sampai ke mancanegara. Ada yang mengartikan istilah wayang bermakna “bayangan”, hal ini karena pagelaran wayang bisa dilihat dari belakang kelir berupa bayangan.

Yang memainkan wayang kulit sekaligus menjadi narator dalam cerita wayang disebut dalang. Music gamelan menjadi pengiring cerita pewayangan tersebut, dengan nayaga sebagai pemain musiknya dan sinden sebagai penembang lagunya.

Umumnya cerita wayang yang ditampilkan adalah naskah Ramayana dan Mahabarata karena merupakan naskah paling terkenal hingga mancanegara. Namun sering kali dalang memainkan lakon gubahan atau carangan agar penonton tidak jenuh.

Lantas apa bedanya wayang kulit, wayang golek, dan wayang orang? Bukankah sama saja bercerita tentang naskah pewayangan? Ya, tentu saja, yang membedakan adalah bahan pembuatan wayang tersebut. Wayang kulit terbuat dari kulit sapi yang dibuat lembaran, kemudian dipahat menyerupai tokoh-tokoh wayang dibantu dengan besi baja.

Berbeda dengan wayang golek yang berbahan dasar kayu kemudian dipahat menyerupai tokoh wayang, biasanya wayang golek ini digunakan untuk tokoh wayang jenaka. Daerah yang terkenal dengan wayang golek adalah daerah Jawa Barat atau suku sunda.

Sementara wayang orang berarti tokoh-tokohnya diperankan oleh manusia langsung. Namun, wayang kulit menjadi seni yang sangat unik dan menarik entah itu dari segi bahan pembuatannya maupun segi penampilannya. Dalam pertunjukan wayang kulit pun suasananya lebih megah dan mewah karena iringan gamelan ikut membangkitkan suasana.

Pembuatan Wayang Kulit
Pembuatan Wayang Kulit

Selain kulit sapi, tanduk kerbau juga menjadi bahan pembuatan wayang kulit ini. Tanduk kerbau berfungsi sebagai tangkai untuk menggerakkan lengan tokoh wayang. Warna tangkai tersebut umumnya hitam atau warna emas dari kertas dan cat warna emas. Tentunya warna emas memberi kesan mewah pada wayang kulit tersebut.

Tentunya pembuatan wayang kulit ini sangatlah rumit, membutuhkan ketelatenan dan keuletan. Ditambah lagi dengan totalitasnya pagelaran wayang kulit dari dalang, nayaga, dan sinden. Dengan keistimewaan ini wayang kulit menjadi seni traditional Indonesia yang mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20