Sudah Mengenal Berapa Banyak Suku Di Indonesia? Ini Dia Data Dan Fakta Suku-Suku Di Indonesia

Berbicara tentang Indonesia berarti berbicara tentang keanekaragaman. Ya, Indonesia memiliki luas 1,9 juta km² dengan jumlah pulau 17 ribu lebih, tak heran bila negara ini penuh akan keanekaragaman. Dari banyaknya pulau tersebut pun membuat Indonesia memiliki banyak suku, bahkan dalam satu pulau bisa terdiri lebih dari 3 suku. Suku-suku di Indonesia menurut sensus tahun 2010 terdapat 1.340.

Pembagian kelompok suku di Indonesia terjadi karena beberapa factor, diantaranya adalah karena pencampuran budaya, perpindahan penduduk, serta saling mempengaruhi.

Nah, masing-masing suku tersebut memiliki ciri khas tersendiri, entah itu dari logat, kepribadian, watak, dan sebagainya. Namun dari perbedaan tersebut justru membuat Indonesia semakin kaya dan semakin memiliki toleransi yang tinggi.

Nusantara Maha Kaya dengan Suku-Suku yang Majemuk

Berdasarkan data, jumlah kelompok suku terbanyak di Indonesia tidak lain dan tidak bukan adalah suku Jawa. Ya, suku ini memiliki prosentase 41% dari keseluruhan populasi. Jumlah kelompok suku terbanyak berikutnya adalah suku Sunda, Batak, serta Madura.

Selain beberapa suku terkenal tersebut, ada pula berbagai suku terpencil, apalagi di Pulau Papua dan Kalimantan. Namun di Pulau Jawa pun ternyata memiliki suku yang masih bisa dikatakan terpencil, yakni suku Badui.

Dulunya suku Badui sangat tertutup, terisolasi, dan tidak mau menerima perubahan. Namun ada pula sekelompok suku Badui yang masih bisa menerima perubahan, dinamakan Badui luar.

Kini suku Badui mulai terbuka dan bahkan menganggap mereka menjadi bagian dari suku Sunda. Sama halnya dengan suku Banten yang berpendapat bahwa mereka adalah subetnik dari suku Sunda.

Sementara suku yang lahir karena pencampuran budaya atau pencampuran suku bangsa adalah suku Betawi. Suku yang ada di ibukota ini merupakan hasil campuran dari bangsa pendatang, yakni Arab, Tionghoa, dan beberapa suku di nusantara. Suku Betawi sendiri diambil dari kata Batavia, nama Jakarta di zaman penjajahan.

Anda bisa mengetahui seseorang berasal dari suku mana tanpa menanyakannya langsung, yakni dilihat dari bahasa, logat, dan cara bicaranya. Contoh, orang yang berbahasa jawa dan berbicara dengan sangat hati-hati biasanya adalah orang asli Solo atau Jogjakarta, kota yang masih kental dengan budaya jawanya.

Sementara orang yang berbicara keras, cepat, cenderung kasar, bisa jadi bagian dari suku Batak. Ya, suku Batak terkenal dengan suara kerasnya, namun belum tentu orangnya keras.

Hanya dari nada bicara dan cara bicaranya saja Anda bisa mengetahui suku orang tersebut. Hal ini terbukti bahwa setiap suku membawa karakteristik tersendiri.

Keanekaragaman Suku-Suku di Indonesia di Pulau-Pulau Besar Nusantara

Nah, keanekaragaman suku di indonesia bisa Anda buktikan dengan menyimak data di bawah ini, dimana setiap pulau memiliki beberapa suku.

Pulau Jawa

Pulau Jawa memiliki suku Jawa, suku Sunda dimana suku Badui juga masuk di dalamnya, suku Banten, dan suku Betawi.

Pulau Madura

Pulau yang berada dekat kota Surabaya ini memiliki suku yang termasuk dalam daftar kelompok suku terbanyak di indonesia, yaitu suku Madura.

Pulau Sumatera

Suku yang terkenal di pulau ini tentu saja suku Batak, kemudian disusul oleh suku Melayu, Minangkabau, Lampung, Aceh, dan suku Kubu.

Pulau Kalimantan

Kelompok suku dengan jumlah terbanyak di Pulau Kalimantan adalah suku Dayak. Sealin suku Dayak, ada suku Banjar, Kutai, Berau, dan Suku Bajau.

Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi memiliki suku Makassar, Bugis, Minahasa, suku Gorontalo, Tolaki, Mandar, dan Toraja. Bahasa beberapa suku tersebut hampir sama, namun logat tentu berbeda.

Kepulauan Sunda Kecil

Dari Pulau Bali, Lombok, NTT, NTB dan sekitarnya, memiliki suku Bali, suku Sasak, suku Sumbawa, suku Sumba, Flores, dan suku Timor.

Pulau Maluku

Suku yang  terkenal di pulau ini tidak lain dan tidak bukan adalah suku Ambon, kemudian suku Manusela, Nuaulu, dan Wemale.

Pulau Papua

Pulau yang berada di ujung timur indonesia ini memiliki suku Asmat, suku Dani, dan suku Bauzi.

Suku-suku di indonesia tersebut memiliki jumlah populasi yang bervariasi.

Ingin tahu?

Ini dia data mengenai jumlah populasi suku-suku Indonesia.

Suku Jawa

Dengan luas Pulau Jawa yang cukup besar, maka jumlah populasinya mencapai 95 juta, yakni hampir 41% dari keseluruhan jumlah.

Wilayah Pulau Jawa yang menuturkan bahasa Jawa sendiri meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jogjakarta.

Suku Sunda

Suku Sunda memiliki prosentase 15% dari jumlah keseluruhan dengan jumlah populasinya mencapai 36 juta jiwa. Wilayah yang menuturkan bahasa ini tentunya adalah Jawa Barat.

Suku Batak

Sebagai suku dengan jumlah populasi terbanyak ketiga di Indonesia, yakni 8,5 juta populasi, suku Batak menjadi sangat terkenal.

Suku ini juga terkenal dengan perwatakan keras, kasar, tegas, dan bijaksana, tak heran banyak pengacara hebat di suku yang berada di Sumatera Utara ini.

Suku Madura

Meskipun luas Pulau Madura tidak seluas Papua, namun Madura memiliki suku dengan jumlah populasi terbanyak keempat. Jumlah populasinya mencapai 7,2 juta populasi.

Suku Betawi

Suku yang berasal dari pencampuran budaya local dan mancanegara ini memiliki jumlah populasi 6,8 juta. Populasi suku Betawi ini sebagian besar ada di Jakarta.

Suku Minangkabau

Tak jauh beda dengan suku Betawi, jumlah populasi suku ini adalah 6,5 juta, dimana sebagian besar ada di Riau dan Sumatera Barat.

Suku Bugis

Suku Bugis merupakan suku terbesar yang ada di Sulawesi, tepatnya Sulawesi Selatan. Jumlah populasinya sendiri cukup banyak, yakni 6,3 juta.

Suku Melayu

Meskipun hanya memiliki populasi 5,3 juta, namun suku Melayu menyebar di banyak wilayah, yakni beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan.

Suku Arab

Karena banyaknya jumlah imigran dari Arab ke Indonesia, maka orang-orang asal Arab membentuk suku baru.

Hingga kini jumlah populasinya semakin bertambah, yaitu 5 juta. Suku Arab sendiri menyebar di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera.

Suku Banten

Suku Banten yang berada di Banten sendiri memiliki jumlah populasi 4,6 juta, padahal wilayah Banten tidak seberapa.

Suku Banjar

Suku Banjar berada di Kalimantan Selatan dengan jumlah populasi mencapai 4,1 juta.

Suku Bali

Bali pun memiliki suku dengan tingkat populasi tidak kalah dengan yang lain, yakni 3,9 juta atau 1,6% dari jumlah keseluruhan.

Suku Sasak

Sasak adalah bahasa yang dituturkan oleh masyarakat Bali, Lombok, NTT, dan NTB. Namun selain bahasa, ternyata sasak merupakan sebuah suku yang berada di Pulau Lombok dan Sumbawa.

Suku Dayak

Suku Dayak memiliki populasi 3 juta yang sebagian besar berada di Pulau Kalimantan.

Suku Tionghoa

Selain suku Arab, ada pula suku Tionghoa karena banyaknya imigran asal China. Suku ini menyebar luas di seluruh Indonesia dengan banyak populasi 2,8 juta.

Suku Cirebon

Sebagai salah satu wilayah yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, Cirebon memiliki suku sendiri dari hasil pencampuran kedua wilayah provinsi tersebut. jumlah populasinya kini hampir 2 juta.

Nah, keanekaragaman suku-suku di Indonesia inilah yang patut dibanggakan. Keanekaragama tersebut juga menghasilkan kebudayaan yang luar biasa beraneka ragam, baca mengenai keanekaragaman budaya Indonesia di sini: Budaya Nusantara. Negara maju belum tentu memiliki keanekaragaman yang luar biasa ini. Berbeda-beda suku pun membuat Indonesia semakin berwarna, memiliki sikap toleransi tinggi, dan saling menghargai.

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20