Sunrise di Jurang Kuali Bumiaji, Jawa Timur

Masih seputar keindahan wisata di Jawa Timur, bila Anda saat ini ada di Kota Batu, luangkanlah sejenak waktu yang Anda miliki untuk berkunjung ke Desa Sumber Brantas. Salah satu desa yang terletak di Kecamatan Bumiayu Kota Batu. Jika Anda berkunjung ke tempat ini cobalah untuk bermain ke Jurang Kuali Bumiaji, bukit yang sangat cocok untuk Anda daki dan menikmati panorama disekitar pada saat sunrise tiba.

Ada hal menarik yang akan membuat Anda terkesima melihat lukisan alam yang begitu menakjubkan. Tempat yang masih asri, perbukitan, alami dan sejuk. Nama Desa Sumber Brantas ini diambil karena memang mata air utama yang mengaliri Sungai Brantas berasal dari desa ini, sungai yang dikenal sebagai sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa, setelah Sungai Bengawan Solo.

Sejarah Desa Sumber Brantas atau Jurang Kuali Bumiaji

Desa Sumber Brantas dulunya adalah sebuah dusun yang merupakan bagian dari wilayah Desa Tulungrejo, dusun Sumber Brantas terbentuk pada tahun 1948 dengan nama dusun Jurang Kuali atau.

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal, dan memudahkan masyarakat dalam hal surat menyurat agar lebih dekat dan lebih cepat, maka masyarakat desa sumberbrantas berkeinginan memisahkan diri dari pemerintahan desa tulungrejo. pada tanggal 21 desember 2005 diresmikan menjadi desa persiapan  sumberbrantaskemudian pada tanggal 5 agustus 2007 diresmikan menjadi desa definitif.

Karakteristik Desa Sumber Brantas

Desa Sumber Brantas merupakan desa yang terletak di wilayah barat daya lereng gunung arjuno yang merupakandaerah pegunungan dan mempunyai hmparan lahan pertanian yang memberikan kesejateraan bagi masarakatnya.
Penduduk desa Sumber Brantas hampir keseluruhannya adalah petani yang pada umumnya  menghasilkan produk pertanian sayur mayur. Di desa Sumber Brantas terdapat mata air sungai brantas yang mengalir ke 9 kabupaten di Jawa Timur.

Berkas Sinar Matahari di Jurang Kuali Bumiaji

Bukit ini terkenal sebagai bukit penghasil kentang. Panoramanya sungguh indah, sulit untuk bisa dilukiskan lewat kata-kata. Mata Anda sangat layak untuk bisa menykaksikan salah satu keindahan pemandangan alam di Kota Batu ini.

Terlebih lagi jika Anda ada ditempat ini, segeralah untuk bermain ke pemandian air panas Cangar yang akan merelaksasi tubuh Anda sehingga Anda siap untuk melakukan aktivitas kerja dan lebih semangat.

Atau bisa juga Anda berkunjung ke beberapa goa yang terdapat di dekat lokasi ini, disana ada banyak goa buatan para tentara Jepang. Nah lengkap sudah wisata Anda di Bumiaji ini, tidak hanya menikmati keindahan alam namun Anda juga bisa belajar sejarah serta merelaksasi tubuh.

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

One thought on “Sunrise di Jurang Kuali Bumiaji, Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20