Wisata Alam Berbaur Wisata Religi ala Pantai Bale Kambang

Jika Anda adalah masyarakat Jawa Timur, mungkin saja tidak asing dengan tempat wisata Pantai Bale Kambang. Namun untuk masyarakat Indonesia luas, nama pantai ini sepertinya kurang dikenal. Padahal pantai ini memiliki keindahan dengan karakternya yang unik, sama dengan pantai-pantai yang lainnya.

Pantai Balekambang ini berlokasi di Desa Srigonco Kecamatan Bantur, Malang Jawa Timur. Pantainya luas dengan bukit tinggi yang berada di lautan, untuk menuju kesana pemerintah setempat telah membuatkan jembatan sehingga setiap wisatawan bisa berkunjung ke bukit tersebut tanpa kesulitan yang berarti.

Pantai Bale Kambang Malang Jawa Timur

Ada apa dengan bukit di Balekambang ini ? Menurut cerita, dulu ada seorang Kyai bernama Syeh Abdul Jalil, beliau dipercaya sebagai satu-satunya orang yang membuka dan memperkenalkan Pantai Balekambang yang memiliki bukit cantik ditengah laut.

Karena orang tersebut telah lama meninggal dan telah menjadi sesepuh desa, maka jenazahnya pun dikebumikan di sekitar Pantai Bale kambang. Saat ini, makam Syaikh Abdul Jalil yang berlokasi sekitar 1 kilometer dari Pantai Bale kambang, rajin diziarahi oleh umat muslim dari berbagai daerah. Pada bulan Suro/Muharram, jumlah jamaah yang berkunjung baik untuk memperingati tahun baru hijriyah maupun wisatawan biasa yang ingin menyaksikan prosesi ‘Suroan’ melonjak.

Bale Kambang

Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bukan sekedar untuk menikmati wisata alamnya, namun lebih banyak menghabiskan waktu untuk berziarah.

Uniknya Balekambang tidak hanya menjadi tempat wisata religi bagi umat Islam, namun juga umat Hindu yang biasanya tiap 1 tahun sekali di Hari Raya Nyepi melakukan ritual keagamaan di puncak bukit. Disana terdapat Pura Amarta Jati yang dijadikan sebagai tempat ibadah para pemeluk agama Hindu.

Pada Hari Raya Nyepi, pantai ini juga lebih ramai dari hari – hari biasa, karena umat Hindu melakukan upacara atau prosesi di Pura Amarta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo. Pulau Ismoyo sendiri adalah bagian dari pulau-pulau kecil di Bale kambang, yang menjorok ke lautan dan dihubungkan dengan sebuah jembatan ke daratan.

pantai-balekambang

Jadi untuk Anda yang penasaran ingin melihat keindahan Pantai Balekambang ini, datanglah pada waktu mendekati sore hari, maka Anda akan bisa menyaksikan sunset yang berpadu indah dengan alam.

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20