Provinsi Lampung | Ujung Selatan Sumatera Yang Menarik Perhatian

Sumatera merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang terdiri dari beberapa provinsi besar dan salah satunya adalah Provinsi Lampung. Provinsi yang berada di ujung pulau Sumatera ini nampaknya menjadi satu provinsi penyumbang kesuksesan Sumatera.

Mengapa? sebab Provinsi Lampung tak hanya memiliki sumber daya manusia yang baik saja namun juga memiliki kekayaan alam dan potensi yang luar biasa menjanjikannya. Mulai dari sektor perkebunan, kehutanan dan lain sebagainya.

Benar sekali, Provinsi yang berbatasan langsung dengan Selat Sunda dan Laut Jawa ini memiliki keadaan alam yang begitu potensial. Sehingga tak heran jika beragam potensi bisnis dapat dikembangkan di daerah ini.

Pembagian Daerah Administrasi Provinsi Lampung
Pembagian Daerah Administrasi Provinsi Lampung

Provinsi Lampung sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu perbukitan yang terlentang dari sebelah barat hingga selatan, dataran rendah pada bagian tengah dan perairan luas yang terentang dari sebelah timur hingga utara.

Dari pembagian wilayah ini, sudah menunjukkan jika potensi Provinsi Lampung begitu beragam. bukan hanya pada sektor perkebunan, pertanian dan kehutanan yang dapat berkembang di dataran tinggi atau perbukitan saja namun juga perikanan yang mampu berkembang pesat dengan luasnya wilayah kelautan Provinsi Lampung.

Bukan hanya itu, bahkan di ibu kota Provinsinya pun Anda akan menjumpai satu kekayaan Provinsi Lampung yang tak ternilai harganya yaitu suaka margasatwa Taman Nasional Way Kambas yang menjadi pintu gerbang masuk pulau Sumatera.

Letaknya yang begitu strategis membuat kawasan ini begitu tumpah ruah terhadap sumber daya alam. Pasar suaka margasatwa pun pernah bahkan masih begitu melejit dan potensi untuk menjadi ladang investasi.

Seperti yang dilakukan oleh negara adidaya Amerika Sekitar juga Cina dan Malaysia yang menjadi negara tujuan ekspor komoditas Lampung, terutama untuk sektor pertanian dan perkebunan.

Potensi Kekayaan Alam Provinsi Lampung

Penasaran apa saja potensi kekayaan Provinsi Lampung hingga mampu menarik perhatian mancanegara?

Berikut adalah beberapa sektor unggulan Lampung yang mampu meningkatkan taraf perekonomian cukup tinggi.

Potensi Kopi Lampung

Salah satu potensi Provinsi Lampung yang paling terkenal di mancanegara adalah kopinya. Dimana kopi Lampung dipercaya memiliki rasa dan wangi yang begitu khas dan sempurna. Bahkan menurut beberapa ahli kopi, kopi Lampung merupakan salah satu jenis terbaik kopi.

Lampung sendiri merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia. Dimana sebagian besar provinsi Lampung adalah area penghasil kopi. Terlebih lagi untuk daerah Lampung Barat yang hampir keseluruhannya merupakan perkebunan kopi.

Bahkan bukan hanya besar dan menjanjikan, kualitas kopi yang dihasilkan dari perkebunan kopi di Lampung ini pun sudah terbukti memberikan kualitas terbaik di level nasional.

Petani Kopi Lampung
Petani Kopi Lampung memetik hasil kebunnya, gambar dari Antara News Lampung

Menurut data yang diperoleh dari pemerintah Kabupaten Lampung Barat, luas perkebunan kopi di kawasan ini lebih dari 60.347,7 hektar yang mampu menghasilkan kopi kering sebanyak 29.712 ton per hektar setiap tahunnya.

Tingginya permintaan pasar dan begitu melimpahnya hasil perkebunan kopi Lampung membuat masyarakat sekitar untuk lebih kreatif dan berinovasi dengan kopi yang dihasilkan.

Bahkan baru-baru ini masyarakat telah berhasil membuat kopi dengan berbagai varian campuran rasa seperti kopi stroberi, kopi nanas dan kopi luwak yang memiliki harga lebih tinggi dibanding dengan varian lain.

Potensi Perikanan Lampung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika Provinsi Lampung bukan hanya memiliki kekayaan dan potensi luar biasa dari sektor pertanian dan perkebunannya saja namun juga memiliki potensi yang tak kalah menjanjikannya dari sektor perikanan.

Dengan bentang laut yang cukup luas, Provinsi Lampung memiliki kesempatan besar untuk memaksimalkan potensi ini.

Dengan pengaturan dan pembagian dua wilayah yaitu Pantai Timur (Laut Jawa), Selat Sunda (teluk Lampung dan Teluk Semangka) dan Pantai Barat, diharapkan perikanan Lampung mampu terkelola dengan lebih baik.

Untuk potensi perikanan sendiri mampu mencapai angka 85,379 to per tahun dengan area penangkapan hingga 30 mil. Kemudian untuk area ZEE sebesar 97,845 ton per tahun. Sehingga potensi ikan yang ditangkap pada pantai barat sebanyak 182,864 ton per tahun.

Sedangkan untuk jaringan pantai timur, potensi yang dihasilkan adalah 11,8 ton per tahun dengan dominasi jenis ikan demesal, untuk potensi ikan tangkap di Selat Sunda yaitu 97,752 ton per tahun dengan dominasi jenis ikan karang.

Penangkapan ikan di Provinsi Lampung sudah beberapa kali mengalami peningkatan. Bahkan pada tahun 2010 silam peningkatan terjadi begitu signifikan yaitu mencapai 13,6% dari jumlah di tahun sebelumnya.

Potensi Pariwisata Lampung

Ini dia yang menjadi salah satu kekayaan serta potensi yang menjadikan Provinsi Lampung begitu dilirik oleh kalangan mancanegara. Dimana dari daerah ini Anda bisa menyaksikan dan menikmati berbagai objek wisata menarik.

Berbagai macam jenis pariwisata dapat Anda kunjungi di kawasan Lampung, mulai dari kampung tua yang terdapat di beberapa daerah yaitu Sukau, Batu Brak, Kembahang, Kenali, Krui dan Ranau.

Selain itu, satu potensi pariwisata Lampung tak begitu memancing wisatawan asing adalah taman nasional Way Kambas. Dimana taman wisata yang menjadi sebuah perwakilan untuk ekosistem hutan bagian dataran rendah ini mampu menjadi satu tujuan wisata yang begitu menarik.

Taman wisata Way Kambas sendiri terbagi dalam beberapa area yaitu hutan air tawar, hutan dataran rendah, padang ilalag atau rerumputan serta hutan pantai di pulau Sumatera yang masing-masing memiliki daya tarik serta keindahan masing-masing.

Taman Nasional Way Kambas Provinsi Lampung
Taman Nasional Way Kambas Provinsi Lampung

Satwa dan tanaman yang hidup di area Way Kambas juga menjadi daya pikat yang tak kalah menariknya. Seperti Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Beruang madu, Tapir, Lutung Merah, Siamang dan masih banyak lainnya.

Menarik bukan potensi yang dimiliki oleh Provinsi Lampung?

Kekayaan Budaya dan Sejarah Provinsi Lampung

Lalu bagaimana dengan kekayaan budaya dan sejarahnya. Apakah semenarik potensi alamnya? Tentu saja, berbagai kekayaan peninggalan sejarah di Provinsi ini masih begitu terjaga.

Seperti rumah adat yang masih dengan mudanya bisa Anda jumpai ketika datang ke daerah Lampung. Selain itu, pertunjukkan tarian daerah dengan iringan alat musik tradisional khas setempat juga masih dapat Anda saksikan dengan mudah pada beberapa acara perayaan.

Semisal pada acara peringatan HUT-RI yang sering kali mementaskan pertunjukkan adat seperti tari.

Selain itu banyak pula acara lain yang menampilkan kekayaan adat setempat, dimana umumnya kekayaan adat atau budaya berupa tarian memiliki makna dan tujuan tersendiri sehingga pementasan akan dilakukan sesuai acara.

Satu lagi yang tak kalah menariknya yaitu suku. Hanya saja, di Provinsi Lampung sendiri keberadaan suku sudah tidak begitu terlihat jelas mengingat saat ini sudah banyak terjadi penyatuan dan penyamarataan suku menjadi warga negara Indonesia.

Siger, Lambang Khas Provinsi Lampung
Siger, Lambang Khas Provinsi Lampung berbentuk Mahkota Pengantin Wanita

Hanya saja, beberapa tradisi masih saja sering dilakukan untuk mengingat atau menjalankan tradisi lama yang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing.

Selain itu, Lampung juga merupakan salah satu tujuan transmigrasi masyarakat Jawa sehingga budaya suku asal dan pendatang bisa menjadi pembeda keduanya.

Sudah puas dengan penjelasan lengkap terkait potensi dan kekayaan Provinsi Lampung? Semoga potensi di atas mampu dikembangkan secara maksimal dan bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Lampung.

Sumber Kajian diantara diambil dari Harian Lampung

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20