Kekayaan Provinsi DI Yogyakarta Dan Potensinya

Provinsi DI Yogyakarta, Kota Istimewa yang selalu dicintai oleh siapa saja yang sudah pernah mengunjunginya. Sekali saja datang ke kota ini, Anda akan langsung jatuh cinta dan ingin segera kembali secepatnya. Bukan hanya karena kotanya yang menawarkan segala yang dicari dan dibutuhkan, namun masyarakatnya yang juga seakan selalu menerima siapa saja.

Dengan sebutan kota istimewa, potensi dan kekayaan Provinsi Yogyakarta memang diatas rata-rata. Mulai dari sumber daya alam, budaya hingga cara hidup masyarakatnya memang seakan tidak ada habisnya untuk selalu dibahas.

Agar Anda bisa lebih mengenal potensi Provinsi Yogyakarta ini, sebaiknya langsung simak saja tentang potensi-potensinya berikut ini.

  1. Potensi Kehutanan di Yogyakarta

Pertama sebaiknya kenali dulu potensi Provinsi Yogyakarta dari segi kehutanannya, karena memang Yogyakarta masih termasuk dalam salah satu kota besar yang cukup asri dan memiliki kawasan hutan yang cukup luas.

Saat ini, kehutanan yang sudah dikembangkan oleh Yogyakarta dalam bentuk kayu dan non kayu. Lebih dari cukup untuk Anda yang memang ingin masuk dalam salah satu diantaranya.

Hutan Pinus Pengger Provinsi DI Yogyakarta
Hutan Pinus Pengger Provinsi DI Yogyakarta

Banyak yang tidak menyangka bahwa luas kawasan hutan yang ada di Yogyakarta mencakup 23.54% dari luas wilayah Yogyakarta itu sendiri.

Rincian hutan yang ada di Yogyakarta berupa yang dimiliki oleh negara sebesar 18.044,97 hektar, kemudian hutan rakyat seluas 54.948 hektar. Untuk Anda yang penasaran dengan produksi kayu, bisa dikatakan bahwa produksi kayu dari potensi Provinsi Yogyakarta yang satu ini cukup di atas rata-rata.

Produksi kayu untuk tanaman jati sendiri sebanyak 111.930,393 meter kubik, sono keling sebanyak 8.412,866 meter kubik, kayu mahoni 16.490,574 meter kubik, pohon akasia 3.292,287 meter kubik dan rimba campuran sebesar 2.787,235 meter kubik. Data ini tercatat di tahun 2016 lalu oleh Kultur Bangsa Indonesia.

  1. Potensi Kelautan dan Perikanan

Potensi Provinsi DI Yogyakarta lainnya yang juga sebaiknya Anda tahu ialah berasal dari sektor kelautan dan perikanan. Selama ini mungkin Anda mengenal pantai-pantai yang sangat cantik di Yogyakarta, namun bagaimana dengan kelautan dan perikanannya?

Untuk saat ini, perairan umum yang dimiliki oleh Yogyakarta sebesar 3.133 hektar, dimana tingkat pemanfaatannya sudah mencapai 5.20 hektar. Rambaknya sudah mencapai 650 hektar dan tingkat pemanfaatannya berada pada angka 58 hektar. Sudah ada juga tambak seluas 240 hektar.

  1. Potensi Pariwisata di Provinsi DI Yogyakarta

Jika membahas mengenai pariwisata, Yogyakarta tentu menjadi salah satu yang terbaik untuk saat ini. Selain karena memng cukup indah, pariwisata yang ada di Yogyakarta juga sangat bervariatif. Kekayaan Provinsi Yogyakarta yang satu ini tentu tidak boleh disia-siakan oleh masyarakat Indonesia.

Jenis pariwisata yang bisa Anda temukan di Yogyakarta mulai dari berbelanja, wisata kuliner, pegunungan, pantai dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk mereka yang berasal dari luar kota, wisata belanja di Yogyakarta memang menjadi salah  satu yang paling ditunggu, karena memang produk dan harganya cukup berbeda dengan kota lainnya.

  1. Potensi Peternakan di DI Yogyakarta

Kini saatnya nada untuk lebih mengenal potensi Provinsi Yogyakarta dari sektor peternakannya. Ada beberapa hewan yang dijadikan sebagai pilihan utama untuk diternakkan di kota ini, seperti sapi potong, sapi perah dan ayam.

Sapi potong memang masih berada diperingkat teratas, dimana angka produksinya sudah mencapai yakni sebanyak 249.480 ekor, lalu ada juga sapi perah sebanyak 8.623 ekor dengan produksinya sebanyak 8.900.215 liter.

Untuk ayam burus sebanyak 4.604.824 ekor untuk per tahunnya. Ayam daging sebanyak 22.020.306 ekor, dan terakhir ayam petelur2.494.008 ekor.

Nah, setelah cukup mengenal tentang potensi Provinsi Yogyakarta yang sudah disebutkan tadi, kini saatnya Anda untuk mengetahui kekayaan Provinsi Yogyakarta yang sudah bisa Anda rasakan selama ini, namun mungkin masih kurang Anda sadari betapa berharganya kekayaan yang dimiliki oleh Provinsi Yogyakarta.

Beberapa kekayaan yang harus Anda syukuri sebagai masyarakat Indonesia yang dimiliki oleh Yogyakarta ialah

Kekayaan Wisata Provinsi DI Yogyakarta

Seperti yang sudah disebutkan tadi, tempat wisata Yogyakarta memang seakan tiada habisnya. Selesai mendatangi dan mengeksplor satu tempat, besok Anda mendengar tempat lain lagi di Provinsi Yogyakartay ang seakan sangat rugi jika tidak langsung didatangi, dan begitu seterusnya.

Wisata di Yogyakarta juga sangat bervariasi, sehingga untuk memudahkan Anda akan dibagi menjadi beberapa jenis berikut ini

Wisata Alam Provinsi DI Yogyakarta

Baru menyebutkan wisata alam saja, tempat wisata di Yogyakarta sudah seperti tidak ada habisnya. Anda yang menyukai pantai memang harus langsung mengegas kendaraan Anda menuju Gunung Kidul karena di sanalah berbagai pantai indah berada, meskipun di daerah lain Provinsi DI Yogyakarta juga terdapat pantai yang  tidak kalah indahnya.

Jika tak ingin pantai, maka masih ada tempat wisata lain yang bisa Anda datangi seperti Kalibiru, Taman Tebing Breksi, Puncak Becici, Bukit Panguk, Embung Nglanggeran, Bukit Isis, Air Terjun Kedung Kandang, Gumuk Pasir Prangkusumo, Blue Lagoon Jogja dan juga Telaga Biru Semin.

Air Terjun Kedung Kandang Provinsi DI Yogyakarta
Air Terjun Kedung Kandang Provinsi DI Yogyakarta

Selain dari nama yang sudah disebutkan tadi, masih ada juga Bukit Kosakora Gunung Kidul, Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul, Goa Jamblang, Green Village Gedangsari, Gunung Api Purba Nglanggeran, Hutan Wanagama Gunung Kidul, Embung Batara Sriten dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wisata Belanja Yogyakarta

Setelah cukup lelah mengeksplor wisata alam Yogyakarta, kini saatnya Anda belanja untuk menyenangkan diri dan membeli oleh-oleh untuk orang yang paling Anda sayangi.

Beberapa tempat yang cukup direkomendasikan bagi Anda yang ingin belanja ialah Jalan Malioboro, Hamzah Batik, Pasar Beringharjo, Yogyakarta Driver Anton dan juga Ambarrukmo Plaza.

Salah Satu Ikon Provinsi DI Yogyakarta Jalan Malioboro
Salah Satu Ikon Provinsi DI Yogyakarta Jalan Malioboro

Selain tempat yang sudah disebutkan tadi, ada juga Batik Seno, Chocolate Monggo Factory Outlet, Batik Rumah, Dowa Bag and Factory, Jaya Langgeng, Batik Plentong, Bakpia Djava, Batik Painting Art Gallery, Wisata Sentra Kerajinan Kulit dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagai salah satu tips, jika Anda ingin berbelanja di pasar-pasar Yogyakarta, jangan ragu untuk menawar harga yang  diberikan. Jika tidak, maka Anda bisa mendapatkan harga yang berkali-kali lipat dari harga sebenarnya.

Wisata Kuliner Yogyakarta

Jika sudah sampai Provinsi DI Yogyakarta, tidak akan terasa sempurna jika Anda mencicipi berbagai macam makanan yang hanya bisa didapatkan di kota ini. gudeg tentu saja sudah menjadi hal wajib, namun sebenarnya masih ada banyak kuliner lain yang juga harus Anda nikmati.

Beberapa tempat yang harus Anda datangi ialah Angkringan Lik Man, Gudeg Pawon, Nasi Goreng Bringharjo, Sat Klathak Pak Pong, House of Raminten, Banyu Mili Contry Club, Mie Telap 12, Kalimilk Jogja, Manggar Manding dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kebudayaan Yogyakarta

Sudah mencicipi kekayaan Provinsi Yogyakarta dari bidang kuliner, kini saatnya Anda mengenal kekayaan Provinsi Yogyakarta lainnya yang berupa budaya. Yogyakarta memang masih menjadi salah satu kota besar yang sangat kental dan menjaga kebudayaan mereka.

Beberapa kebudayaan Yogyakarta yang juga haru Anda kenali ialah

Upacara Sekaten

Upacara yang satu ini merupakan upacara untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad. Masyarakat Yogyakarta percaya bahwa mereka turut serta dalam upacara yang termasuk dalam kekayaan Provinsi DI Yogyakarta ini akan membuat mereka menjadi awet muda.

Sendratari Ramayana

Bagi masyarakat Yogyakarta, kesenian yang satu ini sudah menjadi kesenian yang sangat akrab bagi mereka. Bahkan turis dari luar negeri juga sangat menyukainya dan merasa mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika menontonnya. Biasanya, kesenian yang satu ini dilaksanakan di Candi Prambanan pada cara-acara yang lumayan besar.

Seni Wayang Jawa

Wayang memang sangat akrab dengan orang Jawa, meskipun sebenarnya wayang tidak hanya bisa Anda temui ditanah Jawa saja. Pagelaran wayang sangat disukai karena biasanya pagelaran ini mengangkat filosofi-filosofi hidup yang memang selama ini masih banyak dianut oleh masyarakat Jawa. Cerita yang dibawakan juga biasanya masih cukup dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Upacara Grebek Maulud

Upacara yang satu ini merupakan puncak dari acara dan upacara yang dilakukan pada kelahiran Nabi Muhammad, tepatnya dilakukan pada 12 Maulud. Kalau kekayaan Provinsi Yogyakarta yang satu ini sudah digelar, jangan heran jika di sana sini Anda akan melihat keramaian orang karena ingin mendapatkan ikut serta.

Pusat dari upacara ini ialah mengarak gunungan menuju Mesjid Agung untuk didoakan bersama, lalu kemudian dibagikan kepada masyarakat yang sudah menunggu. Mereka percaya bahwa makanan dari gunungan memberikan berkat yang banyak karena sudah didoakan.

Upacara Tumplek Wajik

Jika Anda sudah pernah melihat dan mengikuti acara Grebegan di Provinsi DI Yogyakarta, maka sebenarnya sebelum acara tersebut dilakukan masih harus ada upacara lain yang harus diselenggarakan, tepatnya 2 hari sebelumnya dan dinamai dengan upacara Tumplek wajik.

Seperti namanya, inti dari upacara ini memang menumpahkan wajik untuk sebagai dasar pembuatan gunungan.

Upacara Labuhan Pantai

Masyarakat Yogyakarta juga masih percaya dengan adanya Ratu Laut Selatan, sehingga jangan heran jika mereka masih memberikan persembahan-persembahan.

Pada upacara yang juga termasuk dalamkekayaan Provinsi Yogyakarta ini, masyarakat akan mempersembahkan alat rias, baju hingga bunga-bungaan kepada sang ratu. Tujuannya untuk meminta kesejahteraan hidup pada sang ratu.

Upacara Siraman Pusaka

Tidak hanya masih percaya pada Ratu Laut Selatan, masyarakat Yogyakarta apalagi pada petingginya juga masih sangat percaya dengan pusaka yang ditinggalkan oleh para leluhur mereka.

Upacara ini cukup sering dilakukan, yakni pada setiap Selasa dan Jumat Kliwon ketika sudah memasuki Bulan Jawa Sura. Terkadang terdengar cukup mistis, namun tetap menjadi kekayaan Provinsi Yogyakarta yang harus selalu dijaga.

Upacara Saparan Wonolelo

Seperti namanya, upacara ini dilakukan oleh masyarakat Wonolelo yang ada di Ngempalak Sleman. Biasanya diselenggarakan pada Kamis Pahing atau Jumat Pon di bulan Sapar.

Inti dari upacara ini ialah mengarak keris pusaka milik Ki Ageng Wonolelo yang merupakan leluhur dan sangat dihargai oleh masyarkat sekitar.

Upacara Tunggul Wulung

Upacara lain yang membuat Provinsi DI Yogyakarta terasa begitu istimewa ialah Upacara Tunggal Wulung. Kegiatan upacara ini dilakukan oleh masyarkat tengahan yang ada di sekitar Sendang Agung Sleman.

Inti dari upacara ini ialah untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan dan juga Ki Ageng Tunggul Wulung karena sudah diberikan rezeki yang melimpah.

Tari Golek Menak

Kekayaan Provinsi DI Yogyakarta dari segi budaya yang juga harus Anda tahu datang dari tari-tarian. Ada banyak sekali tarian yang ada di Yogyakarta, salah satunya ialah Tari Golek Menak.

Tarian ini masih termasuk dalam tarian klasik yang awalnya diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Kabar baiknya, hingga saat ini kekayaan Provinsi DI Yogyakarta yang satu ini masih saja dilestarikan sehingga tidak akan mudah dilupakan nantinya.

Itulah kekayaan provinsi DI Yogyakarta yang sangat beragam dan unik, bisa membayangkan bagaimana kekayaan yang dimiliki Indonesia? Tak terhingga bukan.

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20