Minum Kopi di Tepian Jembatan Mahakam Samarinda

Jembatan Mahakam di Kota Samarinda sudah sangat terkenal. Terbentang diatas sungai Mahakam menghubungkan kawasan Samarinda Kota dan wilayah Samarinda Seberang. Jembatan Mahakam dibangun pada tahun 1987 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto. Jembatan Mahakam Samarinda memiliki ciri-ciri rangka baja berbentuk segitiga dan tulisan “JEMBATAN MAHAKAM” berbentuk setengah lingkaran.

Jembatan ini dibangun dengan biaya konstruksi Rp7 miliar oleh kontraktor PT Hutama Karya (Persero) dengan panjang 400 meter, lebar 10 meter dan tinggi sekitar 5 meter di atas permukaan aspal. Jembatan ini memiliki lajur pejalan kaki di sampingnya. Foto diatas diambil di sebuah cafe yang cukup nyaman untuk sekedar sebagai tempat nongkrong dan minum kopi, dan sambil menikmati indahnya jembatan Mahakam.

Jembatan Mahakam Samarinda

Sensasi Berlibur yang Beda Di Sungai Mahakam

            Indonesia merupakan salah satu wilayah yang kaya akan potensi wisatanya. Tidak hanya memiliki pantai, gunung bukit atau yang lainnya sebagai tempat tujuan wisata. Akan tetapi beberapa jembatan yang ada di Indonesia juga dijadikan sebagai tempat tujuan wisata oleh para wisatawan.

Tak kalah dengan tempat wisata yang lainnya, jembatan juga memiliki beberapa daya tarik wisata yang mampu membuatnya banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Nah, salah satu jembatan yang paling terkenal dan banyak didatangi oleh para wisatawan adalah Jembatan Mahakam Samarinda.

Jembatan Mahakam atau yang juga disebut dengan Jembatan Mahkota I ini merupakan sebuah jembatan yang didirikan atau dibangun di atas Sungai Mahakam sebagai penghubung antara wilayah Kota Samarinda dan dengan wilayah kecamatan Samarinda Seberang.

Fungsi dari jembatan yang satu ini digunakan sebagai warga sebagai jalur untuk menuju ataupun meninggalkan kota. Umur dari Jembatan Mahakam ini juga dibilang sudah tua. Jembatan yang dibangun pada tahun 1987 dan diresmikan oleh Presiden RI kala itu yaitu Bapak Soeharto ternyata memiliki keunikan tersendiri.

Jembatan Mahakam Samarinda ini memiliki arsitektur yang lain dari pada biasanya, Dimana pada jembatan yang satu ini Anda akan menemukan rangka baja yang berbentuk segitiga bertuliskan “JEMBATAN MAHAKAM” dengan bentuk setengah lingkaran.

Jembatan yang memiliki panjang hingga 400 meter, lebar 10 meter dan tinggi hingga 5 meter ini dibangun oleh kontraktor dari PT Hutama Karya (Persero) dengan menghabiskan dana hingga Rp 7 Miliar rupiah. Pastinya dana tersebut bukan merupakan jumlah dana yang sedikit bukan? Mengingat juga Jembatan Mahakam ini dibangun 30 tahun yang lalu.

Menjadi salah satu jembatan yang sangat vital bagi warga ternyata juga membuat Jembatan Mahakam Samarinda Kalimantan Timur ini juga memiliki potensi wisata yang dapat digunakan untuk menarik minat para wisatawan.

Salah satu potensi wisata yang dikembangkan di daerah ini adalah menjelajahi Sungai Mahakam dengan menggunakan perahu. Rute yang akan Anda lewati selama menjelajahi Sungai Mahakam ini adalah Samarinda-Tenggarong.

Nah, apakah hanya itu saja? tentunya tidak ada beberapa rute lainnya yang bisa Anda lewati untuk bisa menikmati indahnya Sungai Mahakam. Bagaimana? Apakah Anda ingin berlibur ke Jembatan Mahakam Samarinda ini?

 

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20