Potensi Bisnis Menjanjikan di Provinsi Kalimantan Utara

Sebagai negara dengan jumlah pulau lebih dari 10 ribu pulau besar dan kecil, 5 diantara adalah pulau dengan ukuran terbesar yaitu Papua, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Jawa. Dari kelima pulau tersebut Kalimantan merupakan yang terbesar. Dari pulau ini, Anda bisa mendapati beberapa provinsi seperti provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur beberapa lain.

Masing-masing provinsi yang terdapat di pulau Kalimantan ini tentu memiliki potensi dan kekayaan tersendiri. Seperti kekayaan provinsi Kalimantan Utara yang begitu melimpah dan beragam.

Peta Administrasi Provinsi Kalimantan Utara
Peta Administrasi Provinsi Kalimantan Utara

Selain sumber daya manusianya yang begitu baik, sumber daya alam di daerah ini pun begitu baik dan sangat mendukung untuk perkembangan ekonomi masyarakatnya. Bahkan bisa dibilang potensi Provinsi Kalimantan Utara jika dimanfaatkan dengan maksimal mampu meningkatkan level kesejahteraan secara signifikan.

Namun apa sajakah potensi provinsi Kalimantan Utara yang membuat darah ini mampu memiliki tingkat perekonomian cukup baik?

Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Energi listrik, Hydro Energy di Provinsi Kalimantan Utara

Tahukan Anda jika sebagian besar wilayah provinsi Kalimantan Utara adalah perairan? Dimana hampir seluruh penduduknya bahkan tinggal diatas sungai yang di atasnya didirikan bangunan-bangunan kayu sebagai rumah.

Dari lingkungannya yang sebagian besar merupakan sungai ini, Kalimantan Utara memiliki sumber energi listrik yang begitu bagus. dengan aliran sungai yang memiliki debit cukup besar, dapat dijadikan sebagai sumber energi listrik berkapasitas puluhan ribu megawatt.

Dengan jumlah sungai lebih dari 20, provinsi Kalimantan Utara akan sangat mampu membangun pembangkit listrik (PLTA). Lokasi dari 20 sungai ini pun terbagi dalam 3 kabupaten yaitu Kabupaten Nunukan , Kabupaten Bulungan, dan Kabupaten Malinau.

PLTA Sungai Kayan Provinsi Kalimantan Utara
PLTA Sungai Kayan Provinsi Kalimantan Utara

Dari Kabupaten Nunukan degan sungai Sembakung berpotensi mampu menghasilkan 500 MW, Kabuapten Bulungan dengan sungai Kayan sebesar 9000 MW dan Kabupaten Malinau dengan sungai Mentarang sebesar 7.600 MW.

  1. Minyak dan gas bumi

Selain energi listrik yang begitu melimpah, Provinsi Kalimantan Utara juga memiliki potensi minyak serta gas bumi yang begitu melimpah. Dalam satu provinsi ini, letak sumber gas dan minyak bumi terbagi dalam 9 titik.

Dari total 9 titik minyak dan gas bumi yang terdapat dalam provinsi Kalimantan Utara, keseluruhannya memiliki 764 juta barel minyak serta 1.4 triliun cubic feet gas. Kekayaan provinsi Kalimantan Utara ini tentu menjadi satu lahan menjanjikan bagi masyarakat sekitar dan pengelolanya.

Ya meskipun untuk pengelolanya sendiri belum dapat dipastikan berasal dari daerah setempat, dan justru kebanyakan merupakan tenaga asing.

Meskipun begitu, namun setidaknya keberadaan tambang minyak dan gas bumi ini mampu memberikan dampak baik bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Untuk penyebaran 9 titik ladang minyak dan gas tersebut berada di beberapa Kabupaten, yaitu Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Nunukan.

  1. Energi Biofeul dan kelapa sawit

Dari sekian banyak potensi dan kekayaan provinsi Kalimantan Utara, energi biofeul dan perkebunan kelapa sawit adalah salah satu penyumbang kesejahteraan masyarakat terbesar.

Benar sekali, meskipun sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Utara merupakan perairan atau sungai namun bukan berarti wilayah ini tak memiliki daerah daratan.

Dimana dalam satu provinsi Kalimatan Utara ini Anda bisa menjumpai lahan perkebunan kelapa sawit seluas 808 ribu hektar.

Dan sama dengan sumber kekayaan Provinsi Kalimantan Utara lain, energi biofeul dan kelapa sawit inipun dibagi dalam beberapa Kabupaten yaitu Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Tana Tidung.

  1. Kawasan industri terpadu

Satu lagi potensi Provinsi Kalimantan Utara yang begitu menjanjikan yaitu kawasan industri terpadu Tanah Kuning. Pada tahun 2017 ini kawasan industri terpadu Tanah Kuning Tanjung Palas Timur diproyeksikan menjadi kluster baru industri Indonesia.

Kawasan dengan luas 15 ribu hektar ini akan menjadi industri pengolahan logam atau selter. Dimana pada perencanaannya bisnis industri ini akan mengalami program pengembangan ekonomi nasional yang nantinya bisa terintegrasi dengan pelabuhan internasional.

Bahkan Menperin Airlangga telah meyakini apabila industri Tanah Kuning dapat menjadi kawasan pusat pertumbuhan ekonomi minimal dengan jangka waktu 7 hingga 10 tahun. Tak hanya itu, kawasan ini juga sudah menjadi Proyek Strategis Nasional serta diproyeksikan menjadi kawasan Ekonomi Khusus.

Lebi lanjut lagi, untuk sumber daya alam dan potensi dalam Provinsi Kalimantan Utara seperti pernyataan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong mempunyai sebuah peluang besar untuk mendatangkan investasi. Ia menyarankan kepada Pemerintah Daerah untuk menjalin sinergitas bersama dengan daerah tetangga bahkan negara tetangga, Malaysia.

Selain sinergitas pada daerah tetangga, Thomas un mengingatkan agar pemerintah daerah maupun pusat tak lagi berjalan sendiri-sendiri dalam rangka menarik investor maupun pemberian perizinan.

Dengan begitu sistem yang telah terintegritas diharapkan bisa menggenjot naiknya angka investai Indonesia yang masih begitu minim.

Investasi yang Terus Berkembang di Provinsi Kalimantan Utara

Upaya peningkatan jumlah investor di Provisi Kalimantan Utara juga telah diungkapkan Gubernur Irianto, dimana ia menyatakan bahwa para investor tak perlu khawatir untuk berinvestasi di daerahnya sebab dari pihaknya sudah berkomitmen akan menyediakan kemudahan pada mereka.

Selain itu, upaya lain juga telah dilakukan dan mampu memberikan pengaruh yang cukup besar. Salah satunya pada saat Event Kaltara investmen Forum (KIF). Dari perkumpulan ini pemerintah Provinsi Kalimantan Utara mampu mengumpulkan puluhan bahkan ratusan investor.

Dari sekian banyak investor yang hadir tak sedikit yang merupakan warga negara asing seperti Tiongkok, Australia, Malaysia, Jepang serta Korea. Dan sebagian besar dari mereka merupakan pebisnis besar baik dalam skala nasional maupun internasional.

Dengan penawaran yang lebih baik terkait potensi dan kekayaan Provinsi Kalimantan Utara, diharapkan para investor akan lebih mudah memberikan hartanya untuk investasi.

Bahkan hingga saat ini banyak investor yang menyatakan begitu tertarik dan minat untuk melakukan investasi di provinsi Kalimantan Utara seperti Energy PT. Kayan Hidro Energy (KHE), PT Posco Enginering, PT Hyundai.

Kekayaan Budaya Provinsi Kalimantan Utara

Lalu bagaimana dengan kekayaan budaya yang dimiliki Provinsi Kalimantan Utara? Layaknya provinsi-provinsi lain yang ada di Indonesia, Provinsi Kalimantan Utara pun memiliki kekayaan budaya yang begitu melimpah.

Mulai dari bangunan atau rumah adat, bahasa daerah, pakaian adat, senjata adat, alat musik tradisional dan yang paling menonjol adalah suku yang beraneka ragam.

Benar sekali, di beberapa daerah seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Papua perbedaan suku masih terlihat begitu jelas. Dimana masing-masing suku biasanya memiliki kepala suku tersendiri dengan tradisi yang berbeda pula.

Bahkan di beberapa daerah pedalaman, tradisi yang dianut oleh suku tersebut masih begitu kental hingga tak termasuk oleh budaya modern. Sebenarnya hal demikian bisa jadi sebuah kelebihan maupun kekurangan bagi suku maupun daerah tersebut.

Seperti kelestarian suku yang masih begitu terjaga sebagai kelebihan dan kurang layaknya kehidupan yang dijalani dengan sedikitnya atau bahkan tidak adanya tradisi modern yang nyatanya mampu memberikan dampak positif pada perkembangan perekonomian.

Menarik bukan ragam kekayaan dan potensi Provinsi Kalimantan Utara? Semoga dengan pengetahuan di atas Anda akan lebih menjaga dan mencintai tanah air ini.

Sumber

Geoportal Kalimantan Utara

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20