Nikmati Indahnya Keberagaman Bawah laut Taman Laut Bunaken

 Indonesia merupakan negara maritim dengan berbagai macam kekayaan biota laut di dalamnya. Hal ini juga menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara dengan tujuan destinasi wisata laut yang paling banyak diminati oleh para wisatawan manca negara. Nah, salah satu tempat terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menikmati keindahan laut ialah Taman Laut Bunaken. Taman laut yang satu ini terletak di Indonesia bagian timur tepatnya di Manado, Sulawesi Utara.

Dengan kekayaan biota laut yang dimiliki hal ini membuat para wisatawan dapat dengan mudah menemukan berbagai macam spesies ikan yang jarang ditemui di tempat lainnya. Tidak hanya itu, indahnya gugusan terumbu karang yang ada di Indonesia juga dapat membuat liburan Anda menjadi yang tak terlupakan.

Indahnya Keberagaman Bawah laut Taman Laut Bunaken

Keindahan gugusan karang serta pemandangan biota laut yang ada di dalamnya bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan Taman Laut Nasional Bunaken terletak di segitiga terumbu karang. Selain itu, tempat yang satu ini juga menjadi tempat hidunya 390 spesies karang serta berbagai macam jenis ikan reptile, moluska dan juga mamalia laut.

Destinasi wisata yang sangat terkenal ini merupakan sebuah taman nasional yang didirikan pada tahun 1991 dengan 97% dari taman nasional ini merupakan laut dan 3%nya merupakan wilayah daratan yang meliputi beberapa pulau seperti Bunaken, Mantehage, Manado Tua, Siladen dan  juga Naen.

Menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan bagi Anda untuk mencoba sensasi menyelam dengan pemandangan laut yang luar biasa membuat taman laut yang satu ini sebagai tempat terbaik untuk menyelam.

Di Taman Laut Nasional Bunaken ini tidak ada masa off seasons, artinya Anda dapat mengunjungi taman nasional yang satu ini kapan saja Anda mau.

Walaupun demikian, bulan yang sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menyelam adalah Mei hingga Agustus. Hal tersebut dikarenakan pada bulan tersebut air laut sedang jernih dengan memiliki temperature yang hangat yakni sekitar 26 hingga 31 derajat celcius. Pastinya, keadaan yang satu ini akan membuat pengalaman menyelam Anda menjadi jauh lebih menyenangkan.

Menjadi salah satu tempat wisata yang sangat digemari oleh para wisatawan membuat Taman Laut Bunaken memiliki 40 spot penyelaman yang bisa Anda gunakan untuk melihat berbagai macam jenis ikan tropis beserta terumbu karang yang indah.

Spot di Taman Laut Bunaken

Beberapa spot penyelaman tersebut diantaranya adalah Fukui, Mandolin, Lekuan 1, 2, 3, Pangalisang, Ron’s Point, Muka Kampung, Sachiko Point dan Bunaken Timur.

Peta Spot Taman Laut Bunaken
Peta Spot Taman Laut Bunaken

Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan laut itu saja, akan  tetap Anda juga dapat menikmati keindahan lainnya seperti adanya underwater great walls yakni sebuah dinding karang raksasa yang berdiri melengkung ke arah atas.

Tidak hanya menawarkan keindahan lautnya saja yang menarik dan beda dari yang lainnya. Akan tetapi, Taman Laut Nasional Bunaken juga menyediakan berbagai macam fasilitas lainnya seperti penginapan dengan harga yang sangat bervariasi mulai dari harga backpacker hingga hotel dengan kualitas berbintang.

Tidak hanya memiliki fasilitas penginapan bagi para wisatawan, di sini Anda juga akan menemukan berbagai tempat penyewaan perahu/seedboat, kamera bawah laut untuk mengabadikan berbagai macam aktivitas Anda selama di dalam laut, dan juga alat selam/alat snorkeling.

Gerbang Taman Laut Bunaken
Gerbang Taman Laut Bunaken

Bagaimana? Apakah Anda mulai memiliki rencana untuk menghabiskan waktu liburan dengan  melihat dan menikmati keindahan laut di Taman Laut Bunaken? Jika iya, Anda bisa menyewa guide, transport, serta sewa hotel beberapa hari sebelum Anda berangkat.

 

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20