Cara Membuat Sate Ayam, Sate Kambing, Dan Sate Sapi

Indonesia memang terkenal sebagai negara yang memiliki banyak makanan dengan memiliki cita rasa unik. Tak heran jika makanan Indonesia banyak disukai oleh masyarakat Indonesia sendiri maupun warga negara asing. Salah satu makanan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat maupun para wisatawan asing adalah sate.Sebelum kita berdiskusi tentang cara membuat sate, ada baiknya kita kenali makanan yang satu ini.

Sate adalah makanan dengan cita rasa unik yang merupakan makanan dari daerah Madura. Namun walaupun berasal dari Madura, sate ini bisa Anda temukan hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Anda bisa melihatnya sendiri di pinggiran jalan atau bahkan di tempat-tempat makanan banyak ditemukan sate Madura. Hal tersebut dikarenakan sate ini menjadi salah satu makanan yang banyak diminati oleh masyarakat karena memang cita rasanya yang nikmat.

Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa sate ini memiliki beberapa jenis yaitu ada sate ayam, sate kambing, dan sate sapi. Tentunya ketiga sate ini sama saja namun yang membedakan tentunya memang daging yang digunakan. Namun rasa dan juga cita rasanya sama jadi Anda bisa memilih sesuai dengan selera yang disukai.

Jika Anda sesekali ingin mencoba memasak sate ayam, sate kambing, atau sate sapi maka sebaiknya Anda mengetahui cara membuatnya sehingga makanan yang Anda buat dapat sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu berikut ini resep cara membuat sate yang bisa Anda coba di rumah masing-masing.

Cara Membuat Sate Kambing
Cara Membuat Sate Kambing

Cara Membuat Sate Ayam, Sate Kambing, Sate Sapi

Bahan-bahan

  • Daging ayam/kambing/sapi sebanyak satu kilogram
  • Jeruk limau dua buah saja
  • Tusuk sate sebanyak empat puluh buah
  • Kecap manis sebanyak seratus lima puluh milliliter

Bahan untuk membuat bumbu kacang

  • Bawang merah sebanyak lima butir
  • Bawang putih sebanyak empat siung
  • Cabe merah sebanyak dua buah
  • Air sebanyak lima ratus mililiter
  • Daun jeruk sebanyak dua lembar
  • Dua lembar daun jeruk
  • Garam
  • Seratus milliliter kecap manis

Cara membuat

  1. Langah pertama yang harus dilakukan untuk membuat sate ayam/ sate kambing/ sate sapi adalah memotong daging yang sebelumnya telah dicuci menjadi potongan yang kecil.
  2. Kemudian tusuk daging dengan menggunakan tusuk sate yang telah disiapkan tadi sampai habis.
  3. Baru setelah itu, haluskan semua bahan untuk memuat bumbu kacang kecuali kecap, jeruk, dan air. Kemudian setelah itu campurkan bumbu halus tersebut dengan kecap, jeruk dan juga air secukupnya. Aduk hingga mengental dan juga berminyak.
  4. Setelah itu, oleskan kecap yang sudah dicampur dengan bumbu kacang pada sate sampai merata.
  5. Kemudian selanjutnya bakar sate dengan dibolak-balik supaya matang merata dan sambil dioles lagi dengan sisa kecap tadi supaya bumbu semakin meresap.
  6. Maka sate siap dihidangkan dan siap dimakan.

Jadi dengan melakukan resep tersebut, Anda bisa membuat sate ayam, sate kambing, atau sate sapi di rumah masing-masing yang rasanya pasti enak.

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20