Papeda, Makanan Khas Timur Yang Menggiurkan

Papua merupakan pulau yang terletak di bagian paling timur Negara Indonesia. Pulau ini terkenal dengan berbagai keunikan dan juga keindahan alam bahari yang begitu menawan dan luar biasa. Namun bukan itu saja yang menjadi keistimewaan yang dimiliki oleh pulau Papua karena masih ada yang lain. Salah satu keunikan dan keistimewaannya adalah makanan popoknya yang tidak ada di daerah lain yaitu Papeda.

Mengenal Papeda

Jika mungkin kebanyakan orang makan dengan makanan pokok nasi, namun untuk di daerah Papua adalah sagu. Karena memang di sana banyak tanaman sagu. Sagu ini nanti diolah menjadi makanan yang unik dan lezat yaitu mereka menyebutnya papeda.

Apa Anda pernah mendengar nama makanan sebelumnya? Jika Anda masih belum tahu maka simak ulasannya berikut ini.

  1. Papeda ini merupakan makanan yang terbuat dari sagu yang memiliki warna putih dan lengket seperti sebuah lem.
  2. Makanan papeda ini biasanya dimakan bersama dengan masakan ikan tongkol kuah kuning yang enak.
  3. Papeda ini memiliki rasa yang hambar makanya untuk memakannya harus menggunakan masakan pelengkap.
  4. Makanan Khas Papua dan daerah Indonesia Timur ini memiliki keunggulan lain yaitu memiliki kandungan seperti serat yang cukup banyak, rendah kolesterol, dan juga banyak mengandung nutrisi yang katanya lebih baik dari nasi.
  5. Karena rendah kolesterol makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita obesitas dan kegemukan yang memiliki kolesterol yang tinggi.
  6. Makanan ini sekarang sudah banyak ditemukan di rumah makan maupun di restoran di berbagai daerah. Sehingga Anda tidak terlalu kesulitan jika ingin memakannya. Anda juga bisa membuat makanan ini sendiri di rumah.

Jika Anda ingin membuat makanan ini sangat mudah dan juga tidak ribet karena bahan yang digunakan juga sedikit dan bisa Anda dapatkan di pasar.

Seorang Bule sedang menikmati papeda
Seorang Bule sedang menikmati papeda – hiveminer.com

Resep Membuat Makanan Papeda

Bahan

  • Seratus gram tepung sagu
  • Air sebanyak seribu cc
  • Setengah sendok teh garam
  • Setengah sendok teh gula

Cara membuat

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampur sagu dengan air sebanyak tiga ratus cc dan aduk hingga merata.
  • Kemudian sisa air dimasak hingga mendidih dan kemudian matikan kompor. Tuangkan tepung sagu ke air panas tersebut lalu diaduk sampai mengental dan juga matang.
  • Tanda jika sagu sudah matang adalah warnanya yang berubah menjadi putih bening. Kemudian jika sudah matang merata maka Papeda siap disantap dengan ikan kuah kuning yang semakin menambah nikmat.

Jika Anda ingin membuat papeda ini sangatlah mudah. Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk membelinya karena dengan resep di atas Anda sudah bisa mendapatkan makanan khas ini.

 

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20