Rendang Padang | Makanan Khas Nusantara Yang Mendunia

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut bukan dari satu aspek saja tetapi banyak aspek kehidupan. Mulai dari perbedaan suku, ras, agama, daerah, bahasa, dan masih banyak lagi. Hal tersebut disebabkan karena Indonesia ini terbagi menjadi banyak daerah yang memiliki keistimewaan dan keunikannya sendiri-sendiri. |Rendang Padang|

Setiap daerah pasti memiliki yang namanya makanan khas. Salah satu makanan khas yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat yaitu rendang Padang. Makanan ini memang sudah banyak yang mengetahui karena memang rendang ini sudah banyak diperjualbelikan di berbagai daerah di Indonesia.

Makanan ini merupakan makanan khas dari kota Padang. Untuk lebih jelasnya maka akan dijelaskan berikut ini.

  1. Makanan khas Padang ini merupakan makanan yang biasanya berasal dari daging sapi. Namun dengan adanya perkembangan zaman membuat makanan rendang ini mengalami banyak perkembangan. Seperti banyaknya variasi rendang yang dibuat bukan hanya dari daging sapi saja.

Sekarang sudah banyak bermunculan variasi rendang seperti rendang dari daging ayam, bebek, telur, hati, ikan tongkol, dan juga paru.

Hal tersebut tentunya bertujuan untuk membuat inovasi agar masyarakat tidak bosan dan juga mempunyai banyak pilihan yang menarik dan juga bisa menjadi alternative yang tidak makan daging sapi karena suatu hal.

  1. Rendang Padang ini memiliki dua jenis yaitu rendang basah dan kering. Rendang basah adalah rendang yang waktu memasaknya jauh lebih singkat dan santan juga masih ada.
Rendang Padang Hitam Pedas Spesial
Rendang Padang Hitam Kering Spesial

 

Rendang Padang Basah, salah satu varian rendang
Rendang Padang Basah, salah satu varian rendang

Untuk jenis makanan ini mungkin banyak yang lebih mengenal dengan sebutan kalio. Namun untuk makanan ini hanya bertahan kurang lebih satu minggu saja.

Sedangkan untuk rendang kering merupakan rendang biasa ditemukan dan merupakan makanan khas masyarakat minang.

Untuk membuat masakan ini membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar empat jam. Hal tersebut dikarenakan harus menunggu santan sampai santai benar-benar mengering.

  1. Untuk Anda ingin membuat makanan rendang Padang sapi ini maka perlu menyiapkan banyak bahan seperti daging, santan, kunyit, jahe, lengkuas, serai, daun salam, cabai, jahe, ketumbar, kemiri, bawang merah, bawang putih, garam, gula dan juga merica. Semua bahan tersebut dihaluskan dan kemudian di tumis sampai matang dan wangi.

Baru setelah itu masukkan santan dan juga masukkan daging. Baru setelah itu Anda tunggu saja sampai santan mengering sekitar 4 jam. Sambil tetap diaduk supaya santan tidak pecah. Jika santan sudah mongering maka rendang sapi siap dihidangkan dan siap untuk dimakan.

Makanan rendang Padang ini memang makanan yang sudah banyak dikenal masyarakat. selain itu, rasanya yang enak membuat masyarakat selalu ketagihan dengan makanan khas Padang ini.

Hervino

Hervino

Founder NusantaraKaya.com, Family, Traveling and Culinary Lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
error: Konten dilindungi!!
Histats.com © 20